Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Denda Berakhir Hari Ini

Standar

Berita HUKUM – Kebijakan penghapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) telah diberlakukan sejak Rabu (10/10) lalu.

Nah, Bagi anda yang mempunyai kendaraan roda dua dan roda empat hendaknya dengan segera melakukan kewajiban anda untuk membayar pajak. Karena hari ini, Sabtu (27/10) adalah kesempatan terakhir anda untuk membayar pajak tanpa denda dari pihak kepolisian.

“Iya hari ini adalah hari terakhir pembayaran pajak kendaraan tanpa denda, karena tanggal 28 Oktober besok, itu jatuh pada Hari Minggu. Dan Hari Minggu kita tutup/libur,” ujar Kepala Samsat DKI Jakarta Selatan, AKP Yogie, Sabtu (27/10).

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) DKI telah mengeluarkan kebijakan penghapusan denda pajak (denda sanksi administrasi) kendaraan bagi yang pajak kendaraannya menunggak hingga tahun 2011. Tidak hanya mendapat penghapusan denda, wajib pajak juga diberikan potongan pokok PKB sebesar 25 persen setiap tahunnya. Misalnya, pokok PKB Rp 200 ribu, hanya dibayar Rp 150 ribu saja.

“Aturan tersebut hanya berlaku pada tanggal 28 September sampai dengan 28 Oktober, dan hari ini adalah hari terakhirnya. Dan supaya agar bisa dibayar dengan secepatnya,” kata Yogie.

Aturan tersebut telah tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 77 Tahun 2012 tanggal 5 Juli 2012 tentang pemberian pengurangan PKB dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) serta penghapusan sanksi administrasi, dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 134 Tahun 2012 tanggal 19 September 2012 tentang perubahan atas Pergub No 77 Tahun 2012.

Selain mendapatkan keringanan dalam membayar pokok PKB dan juga penghapusan denda PKB, wajib pajak juga mendapatkan kabar gembira lainnya. Wajib pajak yang hendak mengganti nama kepemilikan kendaraannya nantinya tidak akan dikenakan Bea Balik Nama (BBN).

Dan untuk BBN sendiri akan dikurangi sebesar 100 persen dari pokok BBN-KB atau dihapus. Ini juga berlakunya hanya sampai dengantanggal 28 Oktober 2012.(bhc/opn)

 

Sumber Berita : http://www.beritahukum.com/detail_berita.php?judul=Bayar+Pajak+Tanpa+Denda+Berakhir+Hari+Ini#.UMPsrORFWaU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s